Kamis, 06 Juli 2017

Pemimpinmu Adalah Cerminan Kamu



PEMIMPINMU ADALAH CERMINAN KAMU






Dalam Islam jabatan dan kedudukan bukanlah semata-mata anugrah, tapi juga amanah, yang harus dipertanggung jawabkan, bukan hanya di hadapan rakyat, tapi terutama di hadapan mahkamah Allah Yang Maha Adil kelak. Jika seseorang mendapatkan jabatan dan kedudukan bukan dengan cara yang haq , tapi dengan cara-cara bathil, dengan menghalalkan segala cara, seperti politik uang dengan segala macam bentuknya, dengan menyebar fitnah, dengan menempuh cara-cara mistik dan syirik, dsb. Kemudian setelah ia menduduki jabatan dan kedudukan itu ia menipu, ingkar atas janji-janjinya, korup, dan zalim , maka jabatan dan kedudukan itu hanya akan menjadi kehinaan dan penyesalan di hari kiamat, dan ia akan diharamkan masuk surga. Rasulullah saw. bersabda : " Sesungguhnya jabatan itu adalah amanat, dan pada hari kiamat akan menjadi kehinaan dan penyesalan, kecuali mereka yang mendapatkan jabatan itu dengan cara yang haq ( atau ia orang yang paling berhak ) dan ia menunaikan tugas dan kewajiban yang ada pada jabatan itu ( termasuk memenuhi janji-janjinya ) " HR Muslim. Dalam hadits lain Beliau bersabda : " Seorang hamba yang oleh Allah dipercaya untuk memimpin sebuah bangsa, lantas ia mati, dan ketika memimpin ia menipu ( zalim ) terhadap rakyatnya, pasti Allah mengharamkan baginya masuk surga . " HR. Al-Bukhari dan Muslim. 


Hisyam bin Urwah meriwayatkan hadits Nabi saw yang menyatakan bahwa pemimpin itu ada yang baik, ( taqwa, jujur, adil , cerdas dan berakhlakul karimah ) dengan segala macam kebaikannya, dan ada pemimpin yang buruk, ( jahat, zalim, dan korup, ) dengan segala macam keburukannya. Pemimpin bertaqwa akan selalu menghindarkan diri dari perbuatan maksiat dan zalim. Pemimpin yang jujur akan menumbuhkan kepercayaan rakyat dan jauh dari tindak korupsi dan kolusi yang di negri ini sudah menjadi kejahatan luar biasa. Pemimpin yang adil akan melahirkan ketentraman bagi seluruh rakyat dan mendatangkan berkah dan rahmat Allah. Pemimpin yang cerdas dan visioner akan bisa membawa sebuah bangsa ke arah yang lebih baik dan maju. Pemimpin yang berakhlakul karimah akan menjadi panutan rakyatnya, dan akan mendahulukan kepentingan rakyat dari pada kepentingan pribadi dan kelompoknya. Bagaimana bisa seseorang bertindak jujur, jika ia lebih percaya kepada mistik dan takhayyul dari pada iman kepada Allah swt ? Bagaimana ia bisa berbuat adil, mampu menegakkan hukum, memberantas korupsi dan kolusi, dan munkarat lainnya, jika ia naik menjadi pemimpin dengan uang hasil korupsi atau dengan dukungan para koruptor, konglomerat hitam, atau Bandar togel ? atau ia mendapatkan jabatan dan kedudukan itu dengan cara-cara kotor dan machiavelis ? Bagaimana seorang pemimpin bisa membawa bangsanya menjadi bangsa yang mandiri, jika ia lebih berpihak kepada kepentingan dan hegemoni asing dari pada kepada rakyatnya sendiri ? dst. Pemimpin yang zalim, jahat dan korup hanya akan membawa sebuah bangsa kepada kehancuran dan laknat Allah. 


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi, Rasulullah swa. Menyatakan bahwa kondisi pemimpinmu mencerminkan kondisi rakyat yang dipimpinnya. ( Kama Takunu Yuwalla 'alaikum ). Dalam kitab An-Nihayah hadits tersebut dijelaskan bahwa jika rakyat beriman, beramal sholeh, jujur, dan cerdas , maka yang akan tampil sebagai pemimpin mereka adalah orang yang punya karakteristik seperti itu. Tapi jika rakyatnya terdiri dari orang-orang yang jahat, senang maksiat, senang merusak, maka yang akan tampil sebagai pemimpin mereka juga manusia seperti itu. Bagi sekelompok santri tentu tidak akan memilih koruptor sebagai pemimpin mereka. Sebaliknya bagi segerombolan pencoleng tidak akan memilih ustadz sebagai pemimpin mereka, mereka pasti akan memilih " Super pencoleng " . Nabi saw. pernah mengingatkan pula bahwa barang siapa yang memilih seseorang sebagai pemimpin hanya atas dasar ta'ashub ( fanatisme buta ) tanpa menjadikan petunjuk Alah dan rasulNya sebagai barometer, maka ia telah berkhianat kepada Allah, Rasul-Nya dan orang-orang beriman ( HR. Muslim ).

Siapapun yang tampil memimpin bangsa ini ke depan, akan menjadi cerminan kondisi dan kwalitas ilmu dan iman mayoritas bangsa ini. Wallohu a'lam. 


0 komentar:

Posting Komentar